Pages

Minggu, 28 Oktober 2012

Amankan Orbit 118, Telkom Bakal Tempatkan Floatter

JAKARTA – Menyusul gagal mengorbitnya satelit Telkom-3 beberapa waktu yang lalu, Dirut PT Telkom Indonesia Arif Yahya mengatakan, Telkom akan mengamankan slot orbit di 118 derajat bujur timur dengan menempatkan floatter (alat khusus untuk menempatkan posisi satelit).

"Untuk mempertahankan slot orbit di 118, kami harus menempatkan floatter untuk mempertahankan slot itu," kata Dirut Telkom Arif Yahya usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI (24/10/2012).

Sementara itu, sejumlah opsi tengah dipertimbangkan untuk mengganti Telkom-3. Mulai dari menyewatransponder, atau membuat satelit baru. Apabila Telkom memilih untuk menyewa satelit pengganti Telkom-3, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi plat merah itu memerlukan USD 4 juta.

"Biayanya sekira USD4 juta untuk menyewa satelit dengan jangka waktu 90 hari," imbuhnya.

Seperti diketahui, Telkom-3 gagal mengorbit, satelit yang diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan dalam pembuatannya Telkom menggandeng perusahaan ISS Reshetnev dari Rusia.

Saat ini Indonesia memiliki tiga orbit yang terdekat, yaitu pada 108, 113, dan 118 derajat bujur timur. Pada orbit 113 derajat bujur timur, ditempati oleh Satelit palapa yang saat ini dimiliki Indosat.

Orbit 113 derajat bujur timur merupakan orbit yang tepat berada di Indonesia. Oleh sebab itu, bila Satelit Telkom menggeser posisi orbit satelit Indosat, maka efektifitas dan efisiensi dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi.

0 komentar: