Pages

Kamis, 06 Desember 2012

Era Komputer Desktop Diprediksi Berakhir



WASHINGTON - Akhir zaman bagi komputer desktop diprediksi telah semakin dekat. Hal tersebut ditandai dengan perubahan yang dilakukan Intel dalam caranya menghubungkan prosesor dengan papan sirkuit atau motherboard.

Dilansir dari Cnet, Rabu (28/11/2012), prosesor komputer desktop dipasang ke papan sirkuit utama sebuah komputer melalui soket. Prosesor Intel yang cocok dengan soket itu kemudian dipasang oleh pengguna. Desain pemasangan seperti itulah yang dikabarkan akan terancam hilang.

Sementara itu, saat ini prosesor mobile semakin berkembang. Prosesor mobile disolder langsung ke papan sirkuit dan memberikan kelebihan dalam hal desain. Pasalnya, dunia mobile sangat sensitif dengan ruang dan setiap milimeter yang disisakan sangatlah berarti.

Cara pemasangan seperti di prosesor mobile itu merupakan kutukan bagi pengguna komputer desktop. Pasalnya, menyolder prosesor ke papan sirkuit bisa membunuh segmen pasar para antusias, seperti gamer yang memilih prosesor sendiri sesuai kebutuhan.

Situs Semiaccurate mengklaim bahwa peralihan ke prosesor mobile tersebutlah yang berbahaya bagi prosesor komputer desktop. Matinya prosesor desktop diprediksi akan terjadi ketika prosesor Broadwell besutan Intel keluar pada 2014 mendatang.

0 komentar: