Pages

Rabu, 19 September 2012

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.


A.    Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan  
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan

B.   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik ataudikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

C.   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan               
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

D.   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan         
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.


E.     Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan      
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Peran Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari                                                         
Manfaat pelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan-pekerjaan manusia diantaranya adalah :
 

1. Bidang Pendidikan                                                                               
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

8. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

11. Bidang Olah Raga
Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

12. Pabrik Sepatu
Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.

PERANAN KOMPUTER DALAM JARINGAN RADIO DAN TELEVISI
Perkembangan teknologi Radio dan Televisi tidak lepas dari perkembangan komputer karena Radio dan Televisi adalah merupakan bagian dari jasa informasi yang sangat membutuhkan komputer dalam pengoperasiannya agar lebih cepat dan efisien. Dengan semakin banyaknya stasiun pamancar radio dan juga televisi swasta yang muncul akan menambah wawasan dan juga persaingan dalam menyuguhkan acara yang berkualitas dalam segi tampilan maupun isi. Untuk mendukung semua ini dibutuhkan komputer (hardware dan software) yang mampu memberikan teknologi terbaru dalam jasa informasi ini.
Hal-hal yang ditangani komputer dalam Jaringan Radio dan Televisi :
 

1. Komunikasi antar Stasiun
Komunikasi antar Stasiun di seluruh Indonesia sangat penting demi kelancaran operasional sehari-hari. Komunikasi antar pemancar penting karena jika ada masalah di salah satu pemancar dapat segera diketahui oleh pusat.
                                                   

2. Audio Editing
Dalam Siaran Radio dan Televisi diperlukan rekayasa agar suara yang dihasilkan dapat layak didengar oleh pendengar atau pemirsa. Pemotongan, penghalusan ataupun penggemaan suara kerap kali dilakukan dalam Penyiaran Radio ataupun Televisi. Proses perekaman suara juga sudah menggunakan komputer yang memang lebih baik dan efisien dalam hal ini. Penyimpanan dalam hardisk yang lebih aman dan lebih kecil dapat menghemat tenaga.

3. Video Editing
Dalam Siaran Televisi sudah sering kita lihat adanya pemotongan gambar atau sering kita sebut sensor. Penyensoran ini dilakukan dengan bantuan komputer. Proses pengambilan gambar/video juga sudah dapat ditangani oleh komputer. Kamera yang langsung berhubungan dengan komputer sudah sering kita temui di pasaran.

4. Pencahayaan (Lighting)
Pencahayaan dalam sebuah proses shooting dapat dikerjalan dengan komputer. Proses simulasi pencahayaan dapat digunakan untuk mengetahui terlebih dahulu pencahayaan yang cocok digunakan.

5. Pengolahan Foto
Pengolahan foto dengan bantuan komputer akan menembus keterbatasan detil suatu foto. Dengan teknik pengolahan dan sensor yang baik maka mungkin sekali tulisan seukuran judul koran dapat dibaca oleh satelit jauh di atas sana. Proses pengolahan foto sudah sangat lazim dilakukan dengan komputer karena kebih rapi dan variatif.

6. Pembuatan Animasi
Program pembuat animasi di komputer sangat membantu Stasiun Televisi untuk membuat sebuah animasi untuk iklan maupun pembuka sebuah acara televisi. Dengan adanya kemajuan teknologi maka animasi menjadi semakin halus dan seperti proses aslinya. Film-film animasi (kartun) sudah sangat akrab dengan indera pandang kita.

7. Penyimpanan Data
Proses penyimpanan data dapat dilakukan dengan komputer. Program Database sudah sering digunakan kantor-kantor – termasuk kantor rasio dan televisi – untuk menyimpan semua datanya. Baik data siaran maupun data karyawan yang bekerja di sana.

8. Administrasi Kantor
Proses administrasi kantor sudah terkomputerisasi sejak lama. Pengetikan dan penyimpanan dokumen, keluar masuk barang, dan gaji karyawan di kantor radio dan televisi sudah menggunakan komputer sebagai alat bantu.

Peran Komputer Bagi Pendidikan Anak
                                                                                    
Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).





0 komentar: