Bahasa pemrograman, atau sering
diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi
standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan
dari aturan sintaks
dan semantik
yang dipakai untuk mendefinisikan program
komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan
secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai
situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman
terdiri dari:
1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan
memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa
rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer
dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB,
CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai
campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat
Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?,
<<, >>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai
instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end,
if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan
sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa
Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
Daftar Bahasa Pemrograman
Berikut ini adalah daftar bahasa pemrograman komputer:
- ABC
- Ada
- ALGOL
- Applescript
- Assembly
- BASIC:
- Batch (MS-DOS)
- COBOL
- UNIX shell script:
- Bourne shell (sh) script
- Bourne-Again shell (bash) script
- Korn shell (ksh) script
- C shell (csh) script
- C:
- ColdFusion
- dBase dkk.:
- Eiffel
- Fortran
- Go
- Haskell
- Java
- Lisp
- Logo
- Pascal
- Perl
- Prolog
- Python
- PHP
- Pike
- R
- REXX
- REBOL
- RPG
- Ruby
- Simula
- Smalltalk
- Scheme
- SQL
Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat
oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International
Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil
nama dari matematikawan Perancis, Blaise
Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus
Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep
pemrograman komputer
kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga
untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat
itu.
Kelebihan
Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah:- Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
- User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
- Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
- Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
- Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang
digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade
Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL
masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).Tipe Data
Tipe Data
|
Deskripsi (range
variabel)
|
angka
dari 0 sampai 255
|
|
angka
dari -32768 to 32767
|
|
semua
nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38
|
|
nilai
TRUE atau FALSE
|
|
semua
karakter dari tabel ASCII
|
|
semua
huruf, spasi, frase
|
Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe
data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program.
Tipe Data tersebut antara lain adalah
COBOL
COBOL adalah kepanjangan dari Common Bussiness Oriented Language. Bahasa COBOL digolongkan sebagai High Level Language (bahasa pemrograman tingkat tinggi) yang berorientasi pada masalah bisnis. Diciptakan pada tahun 1959. COBOL pertama kali diperkenalkan secara formal bulan Januari 1960 dan disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui tahun 1965. Pada tahun 1968 dan 1974, bahasa COBOL dikembangkan dan distandarisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standarts Institute).
Bahasa pemrograman COBOL sangat terstruktur,
karena mudah dibaca dan memiliki
struktur yang jelas. COBOL dibuat
untuk operasi pengolahan data, yaitu membaca data, memproses data dan menghasilkan output berupa informasi.
Dasar-dasar
COBOL
Untuk membuat program COBOL yang baik dan benar,
minimal andaharus menguasai atau mengetahui beberapa hal berikut :
Cara penulisan
Kolom maksimal yang disediakan program COBOL
adalah kolom 1 sampai 80, dengan
ketentuan sebagai berikut :
Kolom 1-6 : digunakan untuk line number
(optional) ditulis dari kecil ke besar. Kolom 7 : digunakan untuk melanjutkan
baris sebelumnya dengan menambahkan
tanda (-) dan baris sambungannya ditulis di
area B. Bila diisi (*) maka
yang ditulis pada baris ini dianggap komentar. Kolom 8-11 : disebut dengan area A.
untuk menulis divisi, section, nama paragraph,
judul file description (FD), level number 01 dan level number 77. Kolom
12-72 : disebut area B. untuk menulis elemen program selain yang ditulis di area A. Kolom 73-80 : kolom ini tidak akan
diproses oleh program jadi data diisi catatan
atau curahan hati untuk dokumentasi.
Beberapa hal lagi yang anda harus perhatikan
tentang penulisan yaitu penggunaan
titik dan spasi. Bahasa pemrogram COBOL sangat sangat ketat tentang peraturan penulisan, pastikan anda memberikan
tanda titik (.) setelah nama
divisi, section, paragraph atau baris instruksi dan spasi (space) untuk pemisah antara COBOL
RESERVED WORDS dengan variable
atau string. Kedua hal tadi
kelihatan sepele tapi jika program yang anda buat panjang nya sampai puluhan baris hal ini mungkin dapat membuat
anda frustasi. Karena akan
menyebabkan pesan kesalahan yang memusingkan kepala.
Cara menjalankan program COBOL
Program COBOL ini tidak memiliki built-in editor
seperti Pascal atau Basic sehingga
anda harus mengetik dan mengkompile secara terpisah. Untuk mengetik source program COBOL anda dapat menggunakan sembarang text editor apakah itu
MS-Editor, Notepad, SideKick dan lainlain
sesuai keinginan anda. Tetapi disarankan menggunakan SideKick karena lebih cepat terutama pada saat
proses debugging source program.
Cara
penggunaan SideKick
SideKick adalah suatu editor tool yang resident
di memori, untuk menjalankan
SideKick, ketik :
C:\>SKSetelah tampil jendela berwarna biru tekan CTRL+ALT maka akan keluar menu pop-up pilih notepad. Tekan F3 untuk membuat file baru (untuk cobol dengan extensi .COB) , F2 untuk menyimpan source program dan Ecs untuk ke DOS prompt. Untuk mengkompile source program COBOL yang anda buat tekan F2 lalu Ecs , ketikan:
C:\>COBOL nama_program.cob atau C:\>COBOL nama_program;
Untuk menjalankan (running) ketikan:
C:\>RUNCOBOL nama_program
C
Sejarah
Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL
yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini
memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian
mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan
selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun
1970-an di Bell Telephone
Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Bahasa C
pertama kali digunakan di computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan
system operasi UNIX. Hingga saat
ini penggunaan bahasa C telah merata di seluruh dunia. Hampir semua perguruan
tinggi di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrograman
populer seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar yang mirip bahasa C.
Kelebihan Bahasa C
- Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer.
- Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer.
- Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci.
- Proses executable program bahasa C lebih cepat
- Dukungan pustaka yang banyak.
- C adalah bahasa yang terstruktur
- Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah
Kekurangan Bahasa C
- Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
- Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer
Buka Editor Bahasa C yang ada, seperti Bordland C, Turbo C, dan sebagainya. Semua program yang ada di tutorial ini bisa dicoba Turbo C.
Editor Turbo C
Untuk mengkompilasi Program, langkah-langkahnya sbb
:
- Pilih menu Compile dengan menekan Alt + C
-Pilih Submenu Compile
- Enter
Akan ditampilkan hasil kompilasi Program, tekan sembarang tombol
- Pilih menu Compile dengan menekan Alt + C
-Pilih Submenu Compile
- Enter
Akan ditampilkan hasil kompilasi Program, tekan sembarang tombol
Untuk menjalankan program :
- Pilih menu Run dengan menekan Alt + R
- Pilih submenu Run dan tekan Enter
- Pilih menu Run dengan menekan Alt + R
- Pilih submenu Run dan tekan Enter
Menu-menu
dalam Turbo C
- File , terdiri dari :
(1) New, untuk memulai program baru
(2) Open, untuk mengambil atau membuka program
(3) Save, untuk menyimpan file/program
(4) Save as, untuk menyimpan file/program
(5) Save all, untuk menyimpan seluruh file/program
(6) Change dir, untuk mengubah directory
(7) Print, untuk mencetak program
(8) DOS Shell, untuk menuju ke DOS Shell
(9) Quit, untuk keluar dari Turbo C
- File , terdiri dari :
(1) New, untuk memulai program baru
(2) Open, untuk mengambil atau membuka program
(3) Save, untuk menyimpan file/program
(4) Save as, untuk menyimpan file/program
(5) Save all, untuk menyimpan seluruh file/program
(6) Change dir, untuk mengubah directory
(7) Print, untuk mencetak program
(8) DOS Shell, untuk menuju ke DOS Shell
(9) Quit, untuk keluar dari Turbo C
- Edit, terdiri dari :
(1) Undo, untuk membatalkan pengeditan terakhir
(2) Redo, untuk kembali ke pengeditan terakhir yang telah di undo.
(3) Cut, untuk memotong bagian tertentu dari program.
(4) Copy, untuk menduplikasi bagian program
(5) Paste
(6) Clear, untuk menghapus bagian tertentu dari program
(7) Copy example
(8) Show Clipboard
(1) Undo, untuk membatalkan pengeditan terakhir
(2) Redo, untuk kembali ke pengeditan terakhir yang telah di undo.
(3) Cut, untuk memotong bagian tertentu dari program.
(4) Copy, untuk menduplikasi bagian program
(5) Paste
(6) Clear, untuk menghapus bagian tertentu dari program
(7) Copy example
(8) Show Clipboard
- Search, terdiri dari :
(1) Find…
(2) Replace…
(3) Search again
(4) Previous error
(5) Next error
(6) Locate function…
(1) Find…
(2) Replace…
(3) Search again
(4) Previous error
(5) Next error
(6) Locate function…
- Run, terdiri dari :
(1) Run…, untuk menjalankan program
(2) Program reset
(3) Go to cursor
(4) dst
(1) Run…, untuk menjalankan program
(2) Program reset
(3) Go to cursor
(4) dst
- Compile, terdiri dari :
(1) Compile, untuk mengkompilasi program
(2) Make
(3) Link
(4) Build all, dst
(1) Compile, untuk mengkompilasi program
(2) Make
(3) Link
(4) Build all, dst
- Debug, terdiri dari
(1) Inspect
(2) Evaluate/modify
(3) Dst
(1) Inspect
(2) Evaluate/modify
(3) Dst
- Project, terdiri dari :
(1) Open project
(2) Close project
(3) dst
(1) Open project
(2) Close project
(3) dst
- Options, terdiri dari :
(1) Application
(2) Compiler
(3) Transfer
(4) Dst
(1) Application
(2) Compiler
(3) Transfer
(4) Dst
- Window, terdiri dari :
(1) Size/Move
(2) Zoom
(3) Tile
(4) Cascade
(5) Next
(6) dst
(1) Size/Move
(2) Zoom
(3) Tile
(4) Cascade
(5) Next
(6) dst
- Help, terdiri dari
(1) Contens
(2) Index
(3) Topic search
(4) Previous topic
(5) dst
(1) Contens
(2) Index
(3) Topic search
(4) Previous topic
(5) dst
C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++
dikembangkan di Bell Labs (Bjarne
Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa
sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa
pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada
perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan,
Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan
jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama
kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun
efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level
coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan
sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.[rujukan?] Salah satu perbedaan
yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep
pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
Perbedaan
Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan
sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa
pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan
membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain
itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek,
Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan
class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi
dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object,
anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat
kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
Contoh Program C++
Contoh
program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:
# include <iostream.h>
void main()
{
Cout
<< "hello world\n";
}
Keterangan
Baris
pertama :
#include <iostream.h>
Sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator
dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan
menambahkan dan menghapus kode dari sumber, Pada bagian #include
memberitahuakan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas
iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat
lunak, atau class-class yang dibutuhkan.
Baris
kedua :
void main ()
Pernyataan
ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak
fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi
adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah
tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe. Baris ketiga :
{
Kurung
kurawal buka menandakan awal program. Baris keempat :
cout Cout << "Hello world\n";
Cout adalah
sebuah object dari Pustaka perangkat lunak standart C++ yang
digunakan untuk mencetak string ke piranti output standart, yang biasanya
adalah layar komputer, Compiler menghubungkan kode dari pustaka perangkat lunak
standar itu dengan kode yang telah ditulis untuk mendapatkan hasil executable,
Tanda
\n
adalah
format modifier yang digunakan untuk bergabti baris setelah menampilkan string,
jika ada cout lain pada program tersebut, maka string yang menyertainya akan
dituliskan pada baris bawahnya. Baris kelima:
}
Kurung
kurawal tutup menandakan akhir program.
Kata yang dipesan
Kelompok pertama
C++
mempunyai 32 buah kata yang dipesan (reserved words), Kata kunci
kelompok pertama merupakan turunan dari bahasa C, di antaranya:
auto
|
const
|
double
|
float
|
int
|
short
|
struct
|
unsigned
|
break
|
continue
|
else
|
for
|
long
|
signed
|
switch
|
void
|
case
|
default
|
enum
|
goto
|
register
|
sizeof
|
typedef
|
volatile
|
char
|
do
|
extern
|
if
|
return
|
static
|
union
|
while
|
Kelompok kedua
Kata yang
dipesan kelompok kedua berjumlah 30. Kata-kata ini adalah baru dan hanya ada di
bahasa C++.
asm
|
dynamic_cast
|
namespace
|
reinterpret_cast
|
try
|
bool
|
explicit
|
new
|
static_cast
|
typeid
|
catch
|
false
|
operator
|
template
|
typename
|
class
|
friend
|
private
|
this
|
using
|
const_cast
|
inline
|
public
|
throw
|
virtual
|
delete
|
mutable
|
protected
|
true
|
wchar_t
|
Kata-kata
yang dipesan tersebut di atas tidak boleh dipakai sebagai nama variable, class,
enum, macro, dan struct.
Tipe data dasar
Untuk
menyimpan suatu variabel diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer,
Besar dan tipe dari Variabel-variabel di dalam standar program C++
dispesifikasikan sebagai berikut.
Nama
|
Keterangan
|
Ukuran
|
Jangkauan
|
char
|
Abjad/karakter
atau untuk bilangan bulat kecil
|
1 byte
|
signed:
-128 to 127
unsigned:
0 to 255
|
short int
(short)
|
Bilangan
bulat dengan jangkauan pendek
|
2 byte
|
signed:
-32768 to 32767
unsigned:
0 to 65535
|
int
|
Bilangan
bulat
|
4 byte
|
signed:
-2147483648 to 2147483647
unsigned:
0 to 4294967295
|
long int
(long)
|
Integer
dengan jangkauan panjang
|
4 byte
|
signed:
-2147483648 to 2147483647
unsigned:
0 to 4294967295
|
bool
|
Boolean,
dapat bernilai benar atau salah (true or false)
|
i byte
|
true or
false
|
float
|
Angka
dengan titik mengambang (bilangan cacah)
|
4 byte
|
3.4e +/-
38 (7 digit)
|
double
|
Bilangan
cacah dengan ketelitian ganda
|
8 byte
|
1.7e +/-
308 (15 digits)
|
long
double
|
Bilangan
cacah dengan ketelitian ganda panjang
|
8 byte
|
1.7e +/-
308 (15 digits)
|
wchar_t
|
Karakter
lebar, biasa dipakai untuk Unicode karakter
|
2 byte
|
1 karakter
lebar
|
Daftar C++ compiler
Untuk
mengubah kode-kode C++ program menjadi suatu program aplikasi yang dimengerti
oleh sistem operasi dan komputer,
diperlukan sebuah kompilator C++. Berikut ini adalah beberapa kompilator
C++ yang dapat digunakan secara gratis,
- Microsoft Visual
C++ 2005 Express
- Turbo C++ Explorer
- Apple Xcode for Mac OS X
- Open Source Watcom / OpenWatcom C/C++
Compiler
- Digital Mars C/C++ Compiler (Symantec
C++ Replacement)
- Bloodshed Dev-C++ C++ Compiler
- Free
Microsoft .NET Framework Software Development Kit (SDK) / Free Microsoft
Visual C++ Compiler
- Intel
C++ Compiler for Linux Non-Commercial Version
- Sun Studio
Compilers and Tools
- Open64 Compiler Tools
- Apple's Macintosh
Programmer's Workshop (C and C++ compilers)
- TenDRA
C/C++ Compiler
- GNU
C/C++ Compiler
- Ch
Embeddable C/C++ Interpreter (Standard Edition)
- DJGPP C and C++ Compilers
- CINT C and C++ Interpreter
- SDCC C Cross-compiler
- Cygwin
Project (C & C++ Compilers)
- SDCC C Cross-compiler FORTRAN
FORTRAN
merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup tua, lahir pada tahun 1957
dari sebuah tim yang dipimpin oleh John W. Backus. FORTRAN yang merupakan
singkatan dari Formula Translation dibuat untuk memenuhi kebutuhan dalam hal
numerik. Banyak fungsi matematika yang telah didefinisikan sehingga tidak perlu
lagi dilakukan pendefinisian secara manual di program.
Dikembangkan pada 1954 hingga 1956 oleh John Backus dan staff IBM yang lain.
FORTRAN (FORmula TRANslator) merupakan bahasa level tinggi yang pertama.
FORTRAN pada mulanya didesain untuk mengekspresikan humus matemática dan maÃz
merupakan bahasa matemática yang paling banyak digunakan. Bahasa ini juga
berguna untuk aplikasi bisnis yang kompleks, seperti perkiraan (forecasting)
dan pemodelan. Namur karena tidak mampu manangani operasi input/output atau
pemrosesan file dalam volume besar, maka bahasa FORTRAN tidak digunakan untuk
masalah bisnis yang biasa.
Saat ini perkembangan bahasa pemrograman FORTRAN cukup pesat, dengan lahirnya
Fortran 77 dan Fortran 90 telah membuat bahasa ini menjadi leader dalam hal
pemrograman numerik. Tidak heran banyak programmer dalam bidang komputasi masih
tetap menggunakan bahasa pemrograman Fortran untuk menyelesaikan masalah
numerik.
Kelebihan Bahasa Pemrograman FORTRAN
- FORTRAN
bisa menangani ekspresi matemática dan logika yang kompleks. Pernyataanya
cukup pendek dan sederhana.
- Program
FORTRAN yang dikembangkan pada satu tipe komputer bisa dengan mudah
dimodifikasi agar bisa bekerja pada tipe yang lain.
Kekurangan
Bahasa Pemrograman FORTRAN
- FORTRAN
tidak menangani operasi input dan output pada peralatan penyimpanan
seefisien bahasa lain yang levelnya lebih tinggi
- Memiliki
keterbatasan untuk mengekspresikan dan memproses data nonnumerik
- Tidak bisa
dibaca atau dipahami semudah bahasa level tinggi yang
Terdapat beberapa hal yang menjadikan bahasa pemrograman Fortran lebih unggul
dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yaitu,
- proses
eksekusi / kompilasi program yang cukup cepat.
- metode
penulisan program sangat fleksibel, setiap bagian blok program dapat
ditulis secara tidak berurutan.
- mendukung
teknik kompilasi secara menyeluruh (all compilation), maksudnya misalkan
kita memiliki 5 buah file Fortran yang saling berhubungan maka semua file
tersebut dapat langsung dikompilasi semua dalam satu perintah dengan
bantuan makefile yang kita buat, bagian ini akan dijelaskan pada bab yang
akan datang.
- memilki kompilator (compiler) yang cukup banyak berkembang. JAVA
Bahasa
pemrograman java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan
para programmer. Ada banyak alasan untuk kita para programmer muda mempelajari
bahasa pemrograman java. Bahasa pemrograman java mempunyai syntax yang mirip
dengan C++. Namun syntax pada pemrograman java telah banyak diperbaiki seperti multiple
inheritance. Selain itu, java juga menggunakan automatic memory
allocation dan memory garbage collection.
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan berinteraksi dengan objek-objek tersebut. Java dijalankan dengan Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code java yang telah dikompilasi menjadi java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
Java mempunyai reabilitas yang tinggi. Compiler pemrograman java mempunyai kemampuan untuk mendeteksi error yang lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Java juga mempunyai runtime Exception handling, yang dapat membantu mengatasi error pada pemrograman.
Java sangat aman untuk digunakan. Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java mempunyai mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menggunakan aplikasi tersebut.
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan berinteraksi dengan objek-objek tersebut. Java dijalankan dengan Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code java yang telah dikompilasi menjadi java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
Java mempunyai reabilitas yang tinggi. Compiler pemrograman java mempunyai kemampuan untuk mendeteksi error yang lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Java juga mempunyai runtime Exception handling, yang dapat membantu mengatasi error pada pemrograman.
Java sangat aman untuk digunakan. Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java mempunyai mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menggunakan aplikasi tersebut.
Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh
Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang
mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai
dalam platform independent. Platform independent yaitu sebuah bahasa
pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan
arsitektur komputer. Semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yang
konsisten di semua jenis platform. Source code program Java sendiri tidak perlu
dirubah sama sekali jika anda ingin mengkompile ulang di platform lain. Hasil
dari mengkompile source code Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor
yang spesifik terhadap mesin tertentu, melainkan berupa bytecode yang berupa
file berekstensi .class. Bytecode tersebut dapat langsung dieksekusi di tiap
platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter
terhadap bytecode tersebut.. Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat
membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat
dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain.
Java
Virtual Machine (JVM) sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas
sebuah sistem operasi dan menerjemahkan bytecode program Java dan
mengeksekusinya, sehingga secara konsep bisa dianggap sebagai sebuah
interpreter. Sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di
platform mana saja, asalkan ada Java Virtual Machine (JVM) di sana.
KELEBIHAN JAVA
Bahasa
pemrograman java memiliki banyak kelebihan, beberapa diantaranya seperti
dibawah ini :
- Berorientasi
objek (Object Oriented Programming). Dengan ciri-ciri sebagai berikut
- Abstraction
: menandai masing-masing objek dengan karakteristik yang unik sehingga
mudah dibedakan dan dipahami.
- Encapsulation
: memisahkan elemen-elemen yang menyusunnya. Dengan menyembunyikan detail
dari class; memaksa user untuk menggunakan interface dalam mengakses data;
membuat code lebih mudah di-maintain.
- Inheritance
: sebuah objek memerlukan properti dari objek yang lain.
- Polymorphism
: membuat objek menjadi modular sehingga mudah untuk dipindah/dipakai
lagi.
- Open
platform/portable maksudnya ialah Dapat digunakan pada platform yang
berbeda (Windows, Linux/UNIX, Solaris, Macintosh, etc) tanpa harus
dilakukan perubahan. Java juga merupakan bahasa yang paling sesuai
digunakan bersama XML, sehingga data menjadi portable
- Java
sebagai bahasa, platform dan sekaligus arsitektur. Java memiliki
fleksibilitas dan portabilitas yang sangat tinggi. Java dapat berada pada
smartcard, handphone, PDA, Palm, TV, embedded device, etc.
- Multi-threading.
Dalam program yang sama, memungkinkan untuk dilakukaan banyak thread
secara independen dan kontinyu dalam sebuah eksekusi program.
- Automatic
garbage collection. Fitur ini dapat membersihkan objek yang tidak terpakai
dari memori.
- Secure.
Java memang didisain untuk eksekusi yang aman pada jaringan. Banyak fitur-fitur
C dan C++ yang dieliminasi, seperti pointer. Dan pada Java, program tidak
dapat mengakses arbitrary memory.
Bahasa
Java yang berkembang dapat dikategorikan menjadi :
- Java
Micro Edition (JME). Khusus untuk aplikasi skala kecil, dan biasa
digunakan untuk membuat aplikasi pada PDA atau mobile divice dan wireless
lain. Contoh keluaran Sun adalah J2ME.
- Java
Standart Edition (JSE). Ini yang biasa dikenal dengan bahasa Java. Banyak
subset dari JSE untuk aplikasi yang berbeda-beda. Misalnya untuk
networking, database, web, security, dll
- Java
Enterprise Edition (JEE). Untuk aplikasi skala makro dengan kompleksitas
tinggi. Aplikasi ini berbasis web.
- Java
Card (JC). Untuk aplikasi khusus diimplementasikan pada pemrograman java
FITUR JAVA
Java
api menyediakan fitur-fitur yang menarik bagi yang ingin menggunakan Java untuk
mengembangkan aplikasi. Ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh Java api antara
lain sebagai berikut :
• Applet
Java applet merupakan program Java yang berjalan di atas browser. Dengan menggunakan
Java applet, maka halaman html akan lebih dinamis dan menarik, sangat cocok
untuk pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis web.
• Java
networking
Java networking merupakan sekumpulan api (application programming interface).
Yang menyediakan fungsi-fungsi untuk aplikasi-aplikasi jaringan. Java
networking menyediakan akses untuk tcp, udp, ip address dan url. Java
networking tidak menyediakan akses untuk icmp dikarenakan alasan keamanan dan
pada kondisi umum hanya administrator (root) yang bisa memanfaatkan protokol
icmp.
• Java
database connectivity (jdbc)
Jdbc menyediakan sekumpulan api yang dapat digunakan untuk mengakses database
seperti oracle, mysql, postgresql, microsoft sql server.
• Java
security
Java security menyediakan sekupulan api untuk mengatur security dari aplikasi
Java baik secara high-level ataupun low-level, seperti public private key
management dan certificates.
• Java swing
Java swing menyediakan sekumpulan api untuk membangun aplikasiaplikasi gui (graphical
user interface) dan model gui yang diinginkan bisa bermacam-macam, bisa model
Java, model motif/cde atau model yang dependent terhadap platform yang
digunakan.
• Java rmi
Java rmi menyediakan sekumpulan api untuk membangun aplikasiaplikasi Java yang
mirip dengan model rpc (remote procedure call) jadi object-object Java bisa
di-call (dipanggil) secara remote (acak) pada jaringan komputer.
• Java 2d/3d
Java 2d/3d menyediakan sekumpulan api untuk membangun grafik-grafik 2d/3d yang
menarik dan juga akses ke printer.
• Java server
pages
Berkembang dari Java servlet yang digunakan untuk menggantikan
aplikasi-aplikasi cgi, jsp (Java server pages) yang mirip asp dan php merupakan
alternatif terbaik untuk solusi aplikasi internet.
• Jni (Java
native interface)
Jni menyediakan sekumpulan api yang digunakan untuk mengakses fungsi-fungsi
pada library (*.dll atau *.so) yang dibuat dengan bahasa pemrograman yang lain
seperti C, C++, dan basic.
• Java sound
Java sound menyediakan sekumpulan api untuk manipulasi sound.
• Java idl +
corba
Java idl (interface definition language) menyediakan dukungan Java untuk
implementasi corba (common object request broker) yang merupakan model
distributed-object untuk solusi aplikasi besar di dunia networking.
• Java card
Java card utamanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi pada smart card, yang
sederhana wujudnya seperti sim card pada handphone.
• Jtapi (Java
telephony api)
Java telephony api menyediakan sekumpulan api untuk memanfaatkan
devices-devices telephony, sehingga akan cocok untuk aplikasi-apliaksi cti
(computer telephony intergration) yang dibutuhkan seperti acd (automatic call
distribution), pc-pbx dan lainnya.
VARIABEL
DALAM JAVA
Seperti halnya pada bahasa pemrograman pada umumnya, Java juga memungkinkan
untuk mendeklarasikan variabel. Variabel merupakan satuan dasar penyimpanan
dalam program Java. Suatu variabel didefinisikan dengan kombinasi identifier,
tipe, dan cakupan. Pada dasarnya ada dua macam tipe variabel data bahasa Java,
yakni tipe primitif dan tipe reference.
1. Tipe Data
Primitif
a.
Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan tipe data numerik yang digunakan apabila tidak berurusan
dengan pecahan atau bilangan desimal. Bilangan integer biasanya menggunakan
int, dan bukan byte, short maupun long. Bilangan integer juga mengenal nilai
positif dan negatif ( signed number ). Tipe data byte dan short hanya digunakan
pada aplikasi khusus yang memperhatikan penggunaan memori. Sedangkan long
jarang digunakan karena jarang memerlukan bilangan sebesar kapasitas long.
b.
Floating Point ( Bilangan Pecahan )
Floating Point digunakan untuk menangani bilangan desimal atau perhitungan yang
lebih detail dibanding integer. Semua bilangan pecahan atau desimal dalam Java
tanpa diakhiri huruf f akan dianggap sebagai double. Sedangkan bilangan yang
ingin dikategorikan sebagai float harus diakhiri dengan huruf F. Misalnya :
4.22 F atau 2.314f. Sedangkan untuk bilangan double, bisa menambah dengan huruf
D, karena secara default bilangan dengan koma atau pecahan atau desimal akan
dianggap sebagai double.
c. Char
Char adalah karakter tunggal yang didefinisikan dengan diawali dan diakhiri
dengan tanda ‘ ( petik tunggal ). Char berbeda dengan String, karena String
bukan merupakan tipe data primitif, tetapi sudah merupakan sebuah objek. Tipe
char mengikuti aturan unicode, sehingga dapat menggunakan kode /u kemudian
diikuti bilangan dari 0 sampai 65535, tetapi yang biasa digunakan adalah
bilangan heksadesimal dari 0000 sampai FFFF. Misalnya : ‘\u123’ Selain karakter
biasa, juga terdapat karakter khusus yang didefinisikan dengan cara
mengawalinya menggunakan tanda \ .
d.
Boolean
Dalam Java dikenal tipe data boolean yang terdiri dari dua nilai saja, yaitu
true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan
sering digunakan untuk menentukan alur program.
2. Tipe Data
Referensi
Kelebihan pemrograman berorientasi objek adalah dapat mendefinisikan tipe data
baru yang merupakan objek dari class tertentu. Tipe data ini digunakan untuk
mereferensikan objek atau class tertentu, seperti String.
CONTOH
PROGRAM SEDERHANA JAVA
A. Source Code Java
Berikut
kode untuk HelloWorld.java:
public
class HelloWorld
{
public
static void main(String[] args)
{
System.out.println("Apa
Kabar Dunia?");
}
}
Dan
ini sebuah contoh lain, yaitu applet sederhana untuk menampilkan teks di
applet. Sebutlah file ini bernama HelloWorldApplet.java:
import
java.awt.Graphics;
public
class HelloWorldApplet extends java.applet.Applet
{
public
void paint(Graphics g)
{
g.drawString("Apa
Kabar Dunia?", 5, 25);
}
}
Secara gamblang dapat diperhatikan bahwa struktur kedua program sangat mirip,
dan hanya berbeda dalam konteks eksekusi. setelah kita membahas cara
mengkompile dan mengeksekusi program tersebut.
Perlu diingat bahwa bahasa Java bersifat case sensitive, sehingga Anda harus
memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil. Selain itu penulisan source
code program tidak harus memperhatikan bentuk tertentu, sehingga Anda bisa saja
menuliskan semua baris source code tersebut dalam satu baris asal Anda tidak
lupa membubuhkan tanda titik koma (;), atau menuliskan tiap kata dalam satu
baris tersendiri. Namun dianjurkan Anda mengikuti layout seperti pada contoh
agar program Anda mudah dibaca dan dimengerti.
B. Kompilasi Java
Setelah kedua file disave dengan nama HelloWorld.java dan
HelloWorldApplet.java, kita akan mengkompile kedua program tersebut dengan
perintah:
prompt>
javac HelloWorld.java
prompt>
javac HelloWorldApplet.java
Perlu diperhatikan bahwa direktori aktif Anda saat ini adalah direktori tempat
Anda meletakkan file-file program tersebut. Anda tetap dapat mengkompile
program Anda dari direktori berbeda dengan perintah:
prompt>
javac (direktori program)/namafile.java
Setelah perintah ini selesai, Anda akan melihat bahwa telah tercipta dua buah
file .class, yaitu bytecode hasil kompilasi source code kita.
C. Sintaks Program Java
Sekarang kita akan mencoba membahas elemen-elemen dalam kedua source code
tersebut. Pada awal Listing 2 kita menemukan perintah import. Pada tahap awal
ini Anda perlu mengetahui bahwa pernyataan tersebut hanya berfungsi mempermudah
penulisan metode atau dalam bahasa pemrograman lain disebut prosedur atau
fungsi. Jadi Anda hanya perlu menulis Graphics sebagai pengganti
java.awt.Graphics, karena kita telah mengimpor java.awt.Graphics.
Kemudian di masing-masing listing terdapat pernyataan public class. Pernyataan
ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk
menciptakan objek. Ingat bahwa Java berorientasi objek. Kata public di depannya
berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program
lain. Untuk saat ini anggaplah objek sebagai suatu item yang dapat dimanipulasi
oleh sebuah program. Dalam Listing 2 terdapat tambahan kata extends. Hal ini
berarti kelas yang kita buat akan mewarisi sifat-sifat dari kelas yang kita
extends. Dengan kata lain kita menjadikan kelas yang kita extends sebagai
himpunan bagian dari kelas kita buat.
Kemudian kita menemukan baris pernyataan public static void main(String[] args)
dan public void paint(Graphics g). Keduanya adalah pernyataan pembuka sebuah
metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas
tertentu dalam kelas. Keduanya sebenarnya mempunyai fungsi yang sama namun
dalam konteks yang berbeda. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang
bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi.
Sementara dalam applet, metode yang pertama kali akan dieksekusi ketika applet
diload adalah paint. Kata public di depannya mempunyai fungsi yang sama dengan
kata public yang ada di depan baris permulaan kelas. Namun nantinya Anda akan
menemukan juga bentuk lain seperti private dan protect yang akan kita bahas
nanti.
0 komentar:
Posting Komentar